Kemenkop UKM ingatkan program Ovop bukan proyek

kementerian koperasi serta ukm menginggatkan website one village one product (ovop) bukan proyek, tetapi bertujuan supaya membangun pilihan unggulan daerah yang adalah sumber kebanggaan warga.

melalui program ovop diharapkan bisa menciptakan kemandirian, kreativitas dan kesejahteraan masyarakat setempat. pemerintah daerah mesti mendorong masyarakat lebih kreatif serta inovatif, papar deputi bidang pengkajian umkm kementerian koperasi serta ukm i wayan dipta ketika sosialisasi di padang, jumat.

menurut dia, melalui dorongan pemerintah daerah dengan maksimal pelaku usaha mikro serta kecil dapat mencari terobosan pada memperbaiki kualitas juga produktivitas.

jadi, website ovop jangan disalahartikan hanya cukup membangun Salah satu koleksi, karena di ini masih ada pandangan dan keliru.

Informasi Lainnya:

namun pengembangan koleksi unggulan dengan pendekatan ovop adalah salah Satu gaya kegiatan dijadikan penjabaran kebijakan pemerintah pas inpres nomor 6 tahun 2007 tentang kebijakan percepatan pengembangan sektor riil serta pemberdayaan upaya-upaya mikro, kecil juga menengah.

sasarannya pada peningkatan bisnis pasar koleksi umkm dengan peningkatan efektivitas dengan pengembangan sentra industri kecil dan menengah dengan pendekatan ovop.

program ini diselenggarakan supaya mengembangkan pilihan unggulan daerah dan memiliki ciri khas atau keunikan yang memiliki potensi pasar lokal maupun ekspor, katanya.

jadi, papar dia, koleksi unggulan lokal disamping mampu merupakan tuan dalam negeri sendiri, juga mendunia berbasiskan mutu serta daya saing dengan proses industri pengolahan dalam wilayah basis upaya-upaya, seperti pilihan unggulan agroindustri pertanian, perkebunan ataupun jenis yang lain.

menurut dia, ovop adalah suatu gerakan juga perkembangannya sangat tergantung dari kerja sama seluruh penanggung jawab kepentingan selama tiap-tiap wilayah.

apabila suatu daerah telah mencanangkan website ini, tutur dia, dengan demikian kepala daerah bersama seluruh jajarannya harus gencar mempromosikannya.

dalam pendekatan ovop banyak tiga prinsip utama untuk membangun produk unggulan yang bertujuan memperbaiki, membangun, dan berjualan pilihan unggulan daerah yang mampu merupakan sumber kebanggaan masyarakat setempat.

ia menyatakan, di dasarnya pendekatan ovop mesti berproses dan berjalan dengan bottom up dengan teridentifikasinya problem, potensi, juga kelayakan pengembangan produk unggulan dalam sebuah daerah.

di situ peranan strategis pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi penduduk agar dapat memproduksi produk khas lokal dan sesuai standar internasional, ujarnya.

selain tersebut, pemerintah daerah perlu mengeluarkan dasar hukum terhadap pengembangan koleksi unggulan, sehingga dapat merupakan dasar bagi berbagai satuan kerja perangkat daerah (skpd) bagi terciptanya sinergitas juga keterpaduan pada kegiatan itu.

keberhasilan situs ovop sangat ditentukan oleh partisipasi aktif semua masyarakat serta lintas pelaku yang banyak dengan wadah koperasi. sebab itu ke depan diinginkan koperasi dijadikan wadah dan bisa dipercaya supaya memodernisasi usaha anggotanya, katanya.

kepala dinas koperasi dan ukm sumbar achmad carisma menambahkan aktifitas ovop konsep pokoknya telah banyak sejak tahun 2.000 2012, dan dinilai penting terhadap pengembangan umkm dalam daerah.

kendati itulah, kegiatan ovop tak mampu cuma mengandalkan dinas koperasi juga ukm, butuh peran instansi lainnya.

perlu sinergitas multi sektor pada menyukseskan website ini. apa yang adalah arahan kemenkop ukm pasti ingin ditindaklanjuti, ujarnya.